Selasa, 02 Juni 2009

Password itu Privasiku

Password atau kata kunci adalah hal yang sangat privasi sekali, hingga kita tidak sembarang ngasih password tersebut ke sembarang orang bahkan ke orang terdekat sekalipun. karena saking privasinya, kadang kita sendiri merasa enggan untuk mengetahui password orang lain sebab tidak ingin dikatakan usil atau sebagainya. Namun itu hanya menurut sebagian orang, beda lagi kalau orang tersebut memang usil atau berniat jahat.
Beranjak dari privasi itulah kadang kita sangat merasa tidak nyaman dan tidak tenang kalau password kita diketahui oleh orang lain, tentunya banyak hal yang melatar belakangi diantaranya kita tidak ingin rahasia kita diketahui oleh orang lain atau parahnya kalau disalah gunakan. Nah, bagai mana perasaan anda jika password tersebut benar-benar diketahui orang lain? pernah kah anda mengalaminya? so, apa yang anda lakukan setelah itu?
saya ada cerita sedikit tentang password yang baru saja kemaren saya alami. Entah keisengan teman saya atau kesalahan saya, saat itu saya nulis user name Yahoo! Massanger kemudian saya pencet tombol tab pada keyboard laptop saya dan menulis password, nah saat saya menekan tab tersebut seharusnya pindah pada kolom password tapi ternyata masih pada kolom user name sehingga tampak betul di layar password yang selama ini belum diketahui orang lain diketahui oleh teman saya.
Teman memang dikatakan orang paling dekat, terlebih saat kita diperantauan, namun teman juga bisa menjadi lawan tatkala dia menyalahi kita sehingga untuk menghindari hal-hal yang seperti itu kita sebaiknya antisipasi sejak dini supaya tidak terjadi catatan yang semakin buruk.
Nah, menanggapi pertanyaan di atas, sebagaimana yang saya alami kemaren, tentunya saya sunggung merasa sangat khawatir sekali sehingga sayapun cepat-cepat merubah password tersebut sebelum diketahui oleh orang banyak.
Privasi anda sangat penting bagi kami. Untuk itu, dengan menyimpan informasi pelanggan sejak pelanggan tersebut terdaftar di annydjati.com, kami berusaha untuk menggunakannya dengan hati-hati karena kami benar-benar memperhatikan kepercayaan pelanggan kami. Menjaga keamanan informasi data pelanggan dan menggunakannya sesuai dengan keinginan pelanggan adalah komitmen dan prioritas utama kami.
Kami mengumpulkan dan memproses semua informasi data pelanggan dari internet dengan sistem keamanan standar. Untuk itu kami menggunakan Secure Socket Layer (SSL) dalam berinteraksi dengan para pelanggan untuk mengumpulkan, memproses dan mentransfer semua data dan informasi penting lainnya melalui internet.
Kami akan membatasi pengumpulan data-data pelanggan dan meminimalisasi penggunaannya dalam memberikan layanan kepada pelanggan, baik yang termasuk dalam memberikan informasi mengenai produk dan layanan kami, peluang-peluang lain ataupun untuk administrasi kami. Kami tidak akan memberikan informasi data pelanggan kepada pihak lain kecuali kami telah diberitahukan terlebih dahulu oleh pelanggan yang bersangkutan melalui surat perjanjian yang di-sahkan oleh pelanggan atau hukum.
Kami akan selalu berusaha untuk menjaga file-file pelanggan dengan lengkap, up-to-date dan akurat. Kami akan memberitahukan kepada pelanggan tentang bagaimana dan dimana mereka bisa meng-akses data-data informasi mereka dan bagaimana memberitahukan kepada kami bila terjadi kesalahan yang segera akan kami perbaiki.
Untuk meyakinkan bahwa semua informasi data pelanggan tersimpan dengan aman di sistem ke-anggotaan kami, kami sangat menganjurkan kepada semua pelanggan untuk memperhatikan hal-hal berikut ini:
Jaga Username dan Password anda dengan aman dan jangan pernah memberikannya kepada pihak lain, dimanapun dan dengan alasan apapun.
Ubah Password anda secara rutin, tapi pastikan anda bisa mengingatnya dengan baik tanpa menulisnya di media apapun.
Jangan menggunakan Password yang mudah ditebak! Gunakan kombinasi huruf dan angka, huruf besar dan kecil dalam Password anda.
Hubungi administrator kami jika anda menemukan masalah dengan Username atau Password anda.
Setiap pelanggan bertanggung jawab atas keamanan dari kode akses (Username dan Password) yang diberikan kepadanya untuk digunakan di sistem ke-anggotaan kami atau Area Pelanggan. Kondisi ini juga termasuk dalam menjaga keamanan mailbox anda sendiri (mailbox di-identifikasi dari alamat email anda yang dikenali oleh sistem kami sebagai milik anda) dari segala macam tindak kejahatan. Sistem kami akan selalu menggunakan alamat email anda untuk menghubungi anda, termasuk dalam mengirim data dan informasi penting lainnya yang berhubungan dengan ke-anggotaan anda pada kami.
Keamanan password juga mempengaruhi segala macam data yang tersimpan dalam sebuah kumpulank-kumplan kotak yang setiap saat di jaga jangan sampai tercuri terlepas dan terpekosa dalam bentuk hal-hal yang ada disekeliling kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar