Selasa, 19 Mei 2009

Tehnologi, Komputer

MRAM : Terhnologi Terbaru Memory Komputer, 10 kali lipat lebih cepat dari RAM
Tau gak betapa kerennya Samsung LED TV?? Pengen tau?? Baca Reviewnya Disini.
Kecepatan
selalu didambakan oleh siapa saja. Berbagai usaha dan penelitian terus dilakukan untuk meningkatkan kemampuan . Beberapa waktu yang lalu super komputer tercepat di dunia telah hadir untuk membantu militer amerika melakukan perhitungan. Kini giliran sebuah teknologi di bidang Memory .
Sebelumnya Anda pasti pernah mendengar istilah RAM (Ramdom Access Memory) untuk menyebut memory
. Memory RAM ini memiliki berbagai jenis mulai dari EDO RAM, DDR1, DDR2 dan beberapa jenis lainnya.
Namun ternyata RAM saja elum cukup untuk memuaskan kebutuhan manusia akan tuntutan kecepatan. Oleh karena itu, Fisikawan dan Insinyur Jerman mengembangkan sebuah jenis memory baru.
Memory tersebut diberi nama Magnetoresistive Random Access Memory (MRAM), memory ini bukan hanya lebih cepat daripada RAM tetapi juga Lebih hemat Energi. Kehadiran MRAM sepertinya akan meningkatkan perkembangan mobile computing dan level penyimpanan dengan cara membalik arah kutub utara-selatan medan magnit.
IBM dan beberapa perusahaan pengembang yang lain berencana menggunakan MRAM, MRAM ini akan memutar elektron-elektron untuk mengganti kutub magnet. Hal ini juga dikenal sebagai spin-torque MRAM (Torsi putar MRAM) teknologi inilah yang kini sedang dikembangkan oleh para fisikawan dan
insinyur Jerman.
Dengan membangun pilar-pilar kecil berukuran 165 nano meter, akan mengakibatkan magnet variabel pada atas lapisan akan mengakibatkan arus listrik mengalir dari bawah ke atas dan akan memutar posisi elektron. Medan magnet ini akan berubah dan hanya membutuhkan sedikit waktu untuk merubah kutub medan magnet ini. Kemudian kutub utara dan selatan akan bertukar.
Jika anda bingung dengan proses di atas, tidak usah dihiraukan juga tidak apa-apa. Atau kalau mau membaca sendiri yang versi inggris
disini.
Yang pasti, kecepatan MRAM mencapai 10 kali lipat kecepatan RAM. KEcepatan ini masih bisa terus dikembangkan dimasa depan.




Keamanan komputer

Beberapa hal yang s ering diabaikan pada user yang berkenaan dengan keamanan suatu komputer. Keamanan sangat bervariasi tergantung pengunaan jenisnya. Keamanan komputer adalah suatu cabang tehnologi yang dikenal dengan nama keamanan informasi yang diterapkan pada komputer. Sasaran keamanan komputer antara lain adalah sebagai perlindungan informasi terhadap pencurian atau korupsi, atau pemeliharaan ketersediaan, seperti dijabarkan dalam kebijakan keamanan.
Keamanan komputer memberikan persyaratan terhadap komputer yang berbeda dari kebanyakan persyaratan sistem karena sering kali berbentuk pembatasan terhadap apa yang tidak boleh dilakukan komputer. Ini membuat keamanan komputer menjadi lebih menantang karena sudah cukup sulit untuk membuat program komputer melakukan segala apa yang sudah dirancang untuk dilakukan dengan benar. Persyaratan negatif juga sukar untuk dipenuhi dan membutuhkan pengujian mendalam untuk verifikasinya, yang tidak praktis bagi kebanyakan program komputer. Keamanan komputer memberikan strategi teknis untuk mengubah persyaratan negatif menjadi aturan positif yang dapat ditegakkan.


Komputer adalah benda yang tak ternilai harganya, apalagi bila didalamnya tersimpan data-data pribadi yang sangat penting. Sebuah komputer ibarat sebuah ‘rumah’ dimana anda menyimpan semua hal, mulai dari file-file penting, foto-foto keluarga anda, film, lagu-lagu, sampai kepada username dan password untuk kegiatan online perbankan anda.
Anda tentu tidak mau kan, bila suatu hari nanti ada orang yang menyalahgunakan komputer anda dan mencuri semua data penting didalamnya? Oleh karena itu upaya pengamanan data komputer anda menjadi sangat penting dilakukan. Secara garis besar ada 3 macam gangguan yang paling sering mengancam keamanan data di komputer Anda. Bagaimana langkah pengamanan dari 3 ‘pengacau’ tersebut, berikut adalah langkah sederhananya.




1. User Error


Inilah sang pengacau pertama yang paling sering anda temui. Salah satu bentuk user eror ini adalah penghapusan file secara tak sengaja. Apalagi bila Komputer anda dipakai oleh orang “awam” maka kejadian menghapus file secara tak sengaja pun akan kerap kali terjadi. Masih untung kalau file yang terhapus adalah file yang tidak terlalu penting, tapi bagaimana bila yang terhapus tersebut adalah file yang sangat penting buat anda?
Upaya pencegahan atau pengamanan dari User Error ini sangat sederhana yaitu dengan cara melakukan back up secara reguler. Karena banyaknya data dalam komputer anda, maka sebaiknya anda membagi data anda dalam 2 kategori berikut ini sebelum melakukan back up


a. File yang sangat penting

Yang termasuk kategori ini misalnya daftar password dan username anda, atau file pekerjaan (presentasi, laporan bulanan, skripsi, makalah dll) yang sedang anda garap saat ini. File-file seperti ini ukuran tidak akan terlalu besar. maka lakukan back up sesering mungkin. Anda bisa mempergunakan Flashdisk atau disket untuk menyimpan file-file penting tersebut.





b. File-file umum

Data seperti lagu, program atau film-film koleksi sebaiknya anda back up dengan mempergunakan Blu-Ray, DVD atau CD sehingga bila suatu saat hardisk anda rusak, maka data andapun akan aman. Langkah lain, bila ada terhubung pada sebuah ‘network’ tidak adalahnya anda menyimpan file-file ini di hardisk komputer lain.




2. Virus

Sebuah virus bisa menyebabkan data penting anda menjadi tak bisa dibuka (corrupt) atau bahkan hilang sama sekali. Selain itu virus pun bisa menduplicate file-file di komputer anda, sehingga akhirnya hardisk anda pun penuh dengan file-file kembar. Upaya pengamanan terhadap virus ini bisa anda lakukan dengan cara mempergunakan anti virus di komputer anda dan usahakan agar anti virus anda selalu up to date dengan cara melakukan update secara berkala.
Atau anda bisa melakukan langkah sederhana dengan cara me-rename file penting anda dengan ekstensi yang lain. Misal anda punya file data.doc maka rename-lah menjadi data.abc. Virus ‘hanya’ bekerja dengan melihat ekstensi sebuah file (Misal file *.doc atau *.exe) jadi anda bisa sedikit mengelabuinya dengan merubah ekstensi file yang anda miliki tersebut, sehingga viruspun tidak akan menyerang file anda, karena ekstensinya tidak dikenali.




3. Spyware, Malware, Keyloggers/Hacking/ Phishing

Bagi anda yang sering online, maka ancaman-ancaman seperti ini akan selalu anda temui dan bisa mengancam keamanan data-data dalam komputer anda.

Spyware adalah aplikasi mata-mata yang akan memonitor kegiatan di komputer anda. Spyware ini biasanya akan merekam website yang anda kunjungi, mencatat password dan username anda dan kemudian mengirimkan kepada orang yang membuat program spyware tersebut.


Malware merupakan program yang bisa membahayakan komputer anda dan melakukan operasi tanpa anda sadari atau tanpa anda intervensi.


Keylogger, sebuah aplikasi kecil yang akan mencatat setiap tombol keyboard yang tekan. Aplikasi ini terutama ditujukan untuk mencuri data username dan password anda.
Upaya pengamanan terhadap pengacau seperti Spyware, malware, hacking atau keylohger ini bisa anda lakukan dengan cara :


- Pergunakan firewall di komputer anda, yang akan mengontrol aplikasi-aplikasi yang terhubung ke network atau internet. Jadi bila ada aplikasi yang berusaha mengirimkan data-data pribadi anda ke luar atau kepada orang lain, maka firewall akan memberikan peringatan kepada anda, sehingga anda pun bisa terhindar dari pencurian data ini.


- Selalu berhati-hati dalam menginstal atau mendownload file di internet. Pengacau-pengacau seperti ini bisa bersembunyi di aplikasi-aplikasi yang menggoda anda. Bila anda tidak terlalu mengetahui secara detil tentang suatu aplikasi atau program, sebaiknya anda jangan mendownload. atau mengintalnya. Selalu cek dan recek, perusahaan yang mengeluarkan aplikasi tersebut, kalaupun akhirnya anda tidak bisa menahan diri untuk menginstal aplikasi tersebut, sebaiknya anda download aplikasi tersebut di website yang benar-benar aman dan sudah terbukti baik kredibilitasnya.


- Hati-hati juga terhadap browser plug ini, active x atau java aplication. Bila suatu hari anda mengunjungi sebuah website, dan website tersebut meminta anda untuk menginstal suatu program atau aplikasi, sebaiknya anda hati-hati.




Pishing, sebuah website gadungan atau tiruan yang akan mencuri data username dan password anda. Terutama kegiatan phising ini ditujukan untuk online banking. Anda login pada sebuah website bank untuk melakukan transaksi keuangan, tapi tanpa anda sadari ternyata website tersebut merupakan website tiruan atau gadungan yang didesaian semirip mungkin dengan website aslinya. Akibatnya bisa anda tebak, username dan password anda untuk login ke website yang asli, telah berhasil dicuri. Dan tinggal menunggu waktu, bila kemudian data pribadi anda tersebut disalahgunakan.
Kegiatan phising bisa juga terjadi lewat email yang anda terima. Kebanyakan email tersebut mengaku dari bank atau sebuah instansi, yang menyuruh anda untuk login dengan mengklik link yang diberikan pada email tersebut. Saat anda mengklik link pada email tersebut anda pun dibawa pada website gadungan.
Untuk mencegah anda terkena pishing selalu pergunakan ‘secure email service” misal gmail, selalu mengecek kebenaran email yang anda terima dengan cara mengunjungi website aslinya, jangan sekali-kali mengklik link untuk melakukan login, usahakan untuk selalu mengetikkan sendiri alamat website yang anda tuju dengan ejaan yang benar, kalau anda login pada sebuah online banking pastikan website tersebut mempergunakan “secure login” (cirinya : alamat website tersebut berawal https:// bukan http://) dan juga mempergunakan physical security token yang akan lebih menjamin keamanan login anda.

Tehnologi Terbaru, 5 aplikasi pengukur kecepatan USB Flash Disk

Bagi konsumen mendapatkan produk yang memiliki kinerja maksimal dengan harga yang pantas atau kalau bisa semurah mungkin menjadi hal yang sangat menyenangkan. Begitupun saat membeli salah satu produk elektronik yang satu ini, yaitu flash disk. Setidaknya setiap kali ada pameran komputer digelar, barang mungil ini selalu habis terjual. Harga yang sangat murah mungkin jadi alasan kuat, tapi apakah hanya sekedar murah saja? Dalam memilih Flash disk yang akan dibeli bisa muncul beberapa kriteria yang dijadikan pertimbangan, semisal kapasitas, harga, merek, penampilan, fitur keamanan dan kecepatan. Jika alasan terakhir menjadi salah satu yang Anda jadikan patokan sebelum membeli Flash Disk sepertinya akan sulit, kecuali Anda sudah siap dengan pilihan yang butuh biaya lebih besar. Kebanyakan Flash Disk sekarang ini sudah menggunakan tipe konektor USB 2.0 yang dikeluarkan pertama kali di bulan April 2000, dimana pada versi ini kecepatan maksimum tranfer datanya adalah 480 Mbps / 60 MBps yang disebut juga sebagai Hi-Speed USB. Dibandingkan dengan USB 1.1 yang maksimum hanya 12 Mbps, berarti kecepatannya unggul sampai 40 kali lipat. Sebelumnya kecepatan awal USB 2.0 adalah 240 Mbps, namun kemudian pada Oktober 1999 oleh grup promotor USB kecepatannya ditingkatkan. Tapi pada praktek di lapangan kecepatan tersebut sulit sekali untuk dicapai, efektifnya hanya bisa sampai 320 Mbps/ 40 MBps.Spesifikasi kecepatan flash disk yang tertera bisa jadi tidak akurat. Untuk menghilangkan rasa penasaran Anda terhadap kecepatan USB Flash Disk yang Anda beli bisa dengan memakai salah satu dari lima aplikasi gratis berikut ini yang tidak hanya melakukan pengecekan kecepatan (tulis dan baca), tapi juga dapat mengecek hal lain berkaitan dengan Flash Disk. Siapa tahu Anda beruntung bisa mendapatkan produk USB flash disk murah meriah namun berkinerja maksimal

Check Flash
Aplikasi ringan yang hanya berukuran 340 KB ini diciptakan oleh programmer asal Ukraina bernama Misha. Walaupun kecil tapi alat ini mampu melakukan tugas pengecekan dengan baik, untuk mengetahui kecepatan transfer data, mengecek jika terdapat bagian yang error pada flash disk, dan melakukan format.Check Flash akan melakukan pengecekan dengan menjalankan simulasi proses baca dan tulis berulang kali pada flash disk, sehingga kemudian akan memunculkan data kecepatan transfer sekaligus juga mendeteksi adanya error yang terjadi saat proses berlangsung. Aplikasi ini bisa langsung Anda jalankan tanpa proses instalasi terlebih dahulu dan hanya mengkonsumsi memori sebanyak 812 KB.
HD Speed
Kalau aplikasi sebelumnya hanay bisa bekerja pada tempat penyimpanan berupa flash, aplikasi bernama HD Speed ini bisa mengukur kecepatan transfer data pada media penyimpanan seperti harddisk dan CD/DVD-ROM, floppy disk, dan kartu flash. Jadi aplikasi ini mendukung format penyimpanan data FAT dan NTFS pada sistem operasi WinNT4, Win2000, WinXP, Win2003, dan WinVista.Aplikasi dengan ukuran file 80 KB ini tidak butuh diinstal dan bisa langsung Anda jalankan, kemudian pilih media simpan yang ingin Anda cek dan klik Start. Hasil dari proses baca dan tulis yang terekam akan ditampilkan dalam bentuk grafik dan juga nilai kecepatan saat itu dan rata-rata dengan satuan yang bisa dirubah-rubah beserta jumlah error jika ditemukan.
Crystal Disk Mark
Crystal Disk Mark adalah sebuah alat yang berguna untuk melakukan perbandingan kecepatan baca dan tulis pada berbagai media simpan termasuk USB Flash Drive. Tampilannya sederhana dan mudah bagi pengguna untuk dapat memahami tentang jenis pengujian yang dilakukan.Jenis-jenis tes yang dapat dilakukan dengan aplikasi ini seperti melakukan proses baca dan tulis secara berulang dalam beberapa tahap atau proses baca dan tulis secara acak 4KB/ 512KB, dan proses penyalinan teks. Hasil tes ditampilkan dalam bentuk angka yang cukup besar dalam satuan MB/s dan progress bar sebagai latar belakangnya. Aplikasi berukuran 396KB ini bersifat portable dan sudah kompatibel dengan Windows 7/2008/Vista/2003/XP/2000/NT4/Me/98 dan untuk versi 64-bit untuk sistem operasi Windows Vista/2003/XP.
Flash Memory Toolkit
Sesuai dengan namanya Flash Memory Toolkit adalah sebuah paket alat untuk tempat penyimpanan berbasis Flash. Beberapa alat yang tersedia termasuk pilihan untuk mendapatkan informasi detil mengenai perangkat seperti kapasitas perangkat, sistem file, sistem operasi dan pengaturan perangkat. Aplikasi ini juga mampu menghapus file dengan aman sekaligus mengembalikannya setelah dilakukan format, lalu mampu mendeteksi kesalahan/ kerusakan di dalam perangkat. Yang menarik terdapat pula fungsi backup dan restore dapat dijalankan bersamaan dengan proses pengetesan mengenai performa baca dan tulis dari perangkat flash.Sayangnya untuk versi standard yang memang disediakan gratis hanya mampu menampilkan kecepatan baca saja, sedangkan jika ingin mengetahui kalkulasi kecepatan baca sekaligus tulis, maka diharuskan melakukan upgrade ke versi Pro. Walaupun begitu kemampuan untuk menghitung kecepatan baca perangkat dengan fitur file benchmark yang ditampilkan dalam bentuk grafik perbandingan dirasa sudah sangat membantu. Aplikasi ini harus diinstal terlebih dahulu untuk dapat memakainya dengan ukuran file 766KB dapat digunakan di Windows 2000, XP, XP 64-bit, 2003 Server dan Vista.

HD Tune
Aplikasi HD Tune ini tidak jauh beda dengan aplikasi sebelumnya yang hadir dalam dua versi, yaitu gratis dan berbayar. Dan lagi pada versi gratis aplikasi hanya bisa melakukan penghitungan kecepatan baca untuk beragam perangkat penyimpanan dengan antar muka SCSI, SATA, IDE termasuk juga USB. Aplikasi ini menyediakan detil informasi mengenai perangkat dan kemampuan untuk mendeteksi kerusakan/ error yang ada.HD Tune adalah alat benchmark yang sangat berguna walaupun pada versi gratis ada beebrapa fitur yang dikurangi dibandingkan versi berbayar. Di versi gratis Anda akan diberikan informasi benchmark mengenai kecepatan baca maksimum, minimum dan rata-rata bersamaan dengan waktu akses, burst rate, yaitu kecepatan paling tinggi yang dapat dicapai pada saat data dapat dikirim dari perangkat penyimpanan ke sistem operasi. HD Tune yang saat ini sudah mencapai versi 2,55 sudah tersedia untuk Windows 2000, Windows XP, Windows 2003 Server dan Windows Vista.Semoga aplikasi-aplikasi di atas bisa bermanfaat vagi yang penasaran dengan kecepatan dari USB Flash Disk-nya, dan beritahu kami jika ada aplikasi lain yang Anda ketahui melalui kotak komentar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar